Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net

msn live widget

OMAMORI

Sunday, April 11, 2010

Apa itu? Omamori itu apa ?
Kalian pasti bertanya-tanya apaan itu, kok baru dengar ya. aku aja juga baru dengar kok. hhe .
Gini aku jelasin ternyata Omamori itu adalah Jimat tradisional dalam kehidupan modern Jepang.
Kali ini saia ingin membahas tentang berbagai macam jimat alias "Lucky Charm" (apa lagi itu).
haduh.. gini, Jimat yang sering berhubungan erat dalam keseharian orang Jepang. Contoh dalam cerita komik, film maupun dalam permainan game Jepang, kita pasti sering melihat banyak orang Jepang yang mengandalkan berbagai macam jimat untuk memperlancar segala urusan duniawi maupun rohani mereka. Bentuknya kaya gambar di samping kiri .

Lalu kenapa bisa disebut Omamori? ternyata Omamori sendiri berasal dari kata "mamoru atau mamorimasu" yang berarti "menjaga" atau "melindungi" Jepangnya お守り O-mamori . Nah jadi bisa di tebakkan bahwa "Omamori" bermakna benda yang dipercaya sebagai pelindung manusia dari berbagai hal negatif. Omamori ini ada banyak macamnya, seperti untuk penagkal bala atau musibah, penangkal kebakaran, pelancar persalinan ibu, pencegah kebangkrutan usaha, penjaga kesehatan, pelancar ujian bagi para pelajar (lumayan cocok nih, hhe..) , dan sebagainya .

Lalu isinya apa aja? Hmm.. Omamori biasanya berupa potongan kertas atau secarik kain yang bertuliskan nama Sang Dewa Penjaga atau kalimat yang dianggap "bertuah" (tergantung penjagaan yang kita inginkan).

Selain "Omamori", ada juga jenis jimat lainnya yang disebut "Ofuda" 御札 . Lalu bedanya apa? yakni Ofuda biasanya berbentuk potongan kayu tipis atau kertas yang bergambar Sang Dewa Penjaga ataupun nama kuil yang dijadikan kiblat pelindung. Sebait doa yang yang dituliskan kedalam Ofuda biasanya berisi penolak bala bagi penghuni rumah berikut. Nah bagi orang awam di luar bangsa Jepang, "Omamori" dan "Ofuda" ini agak rancu perbedaannya. Soalnya dua-duanya adalah jimat dalam tradisi dalam budaya Jepang yang berkiblat pada kepercayaan Shinto serta Budha. Cara membedakan yang paling gampang adalah dengan melihat cara pemakaiannya itu . Biasanya Omamori disimpan dalam bilah bambu kecil dikenakan dileher. kaya kalung dong ? memang . Tapi kalangan remaja Jepang modern, bilah bambu sudah diganti dengan botol kaca kecil atau bentuk tabung lain yang lucu tampilannya. Ada juga yang disimpan dalam tas kantong mungil (disebut Omamori-Bukuro) dan dibawa-bawa terus oleh orang yang bersangkutan. itu lho kaya di komik-komik . Sementara, Ofuda biasanya digantungkan di depan pintu rumah atau ditaruh di Kamidana (semacam replika kuil kecil yang biasanya ada di dalam rumah-rumah orang Jepang). Kalian bisa lihat Ofuda bawah ini .


Menurut sejarahnya, jimat-jimat tradisional semacam ini bermula dari adanya kepercayaan kuno animisme dan kepercayaan panteisme (tau ga apa itu, tanya guru IPS! kwkwk) tenteng hubungan supernatural yang berasal dari fenomena alam seperti matahari, bulan, gunung, sungai, hutan, dan sebagainya. Semua itu mempengaruhi aura kehidupan manusia dan berefek pada kesehatan,kemakmuran, dan kebahagiaan. Untuk mengingatkan manusia kepada generasi akan kekuatan lain di atas dirinya itu. Jadi buatlah jimat-jimat tersebut yang bahannya bersumber pada alam (kayu, kertas, atau daun) ^_^ . Penggunaan jimat ini ternyata sudah meluas bahkan di zaman modern sekarang. Bahkan, sebenarnya jimat tidak hanya digunakan orang Jepang saja tapi juga dalam budaya suku Indian di Amerika, dalam tradisi budaya Eropa, Afrika, dan berbagai negara belahan dunia lain. Indonesia iya gak ya?

Tapi..tapi, yang membedakan tradisi jimat di Jepang dengan di negara lain adalah
  • Orang Jepang menjadikan jimat-jimat ini seperti suatu kebutuhan dalam hidup sehari-hari mereka.
  • Sementara bagi bangsa lain, mungkin penggunaan jimat seperti ini sudah tidak dianggap terlalu mutlak.
Contohnya nih, setiap orang jepang melakuakan perjalanan liburan, mereka menyempatkan diri membeli Omamori atau Ofuda dari kuil terkenal. Terutama pada saat Tahun Baru dipastikan penjualan jimat melonjak drastis. karna hampir setiap orang membeli jimat baru di setiap pergantian tahun. Bukan berarti orang Jepang itu terlalu religius lho tapi, karna ada semacam sugesti diri yang terbangun dalam orang Jepang, jika mereka memilih jimat yang tepat . Jimat dimata orang Jepang sebagai motivator untuk mendorong mereka sukses dalam apapun. Tuh, yang pengen sukses dalam bisnis, langgeng berpacaran sampai menikah :p, dan bisa membangun sugesti tubuh yang sehat. Itu sebabnya mereka tidak akan sungkan mengeluarkan uang untuk membeli jimat yang diinginkan setiap tahun atau di setiap kesempatan.

Nah sekian dulu dari saia, capek ngetiknya. hehe :D. jangan lupa comment ea . Arigatou ^_^

3 komentar:

Anonymous said...

aku mu bkn skriosi ttg omamori, taw ga nyri literatunya dimana???onegaishimasu
klu ad bleh krm ke email saya
vemi_liati@yahoo.com
doumo

Hazel said...

anoo.. mau tanya nih.. gw punya 1 yang kayak gituan dapet dari tmen.. katanya sihh jangan dibuka krna kalo dibuka bisa bikin sial ya? bener kaga sihh?? sankyuu salam kenal.. ^_^

Anonymous said...

bro dimana ya gue bisa dapet jimat kyk gituan kasih tau dongggggg PLZZZZZZZZ ok!!!!!!!!!!onegaishimasu

Post a Comment